Buta Warna Bukan Penyakit, Buta Warna Adalah Bawaan Genetik

Posted: 25 January 2013 in BUTA WARNA
Tags: , , , , ,
Genetika_Buta_Warna

Genetika_Buta_Warna

Kali ini, para mitra CV. Fitrah Cemerlang akan kami berikan penjelasan darimana asal usul buta warna ini. Agar senantiasa tidak ada pertanyaan lagi masalah buta warna itu apa…? Apakah bisa disembuhkan atau tidak, apakah bisa diterapi atau tidak, dan lain sebagainya.

Mohon semua menyimak baik2 ya, karena sebetulnya ini adalah ulangan dari pelajaran SMA. Hehehe..

Di atas telah kami sajikan gambar dari pohon genetika keluarga. Diambil dari website ini.

Keterangan: MERAH = WANITA | BIRU = LAKI – LAKI

Di atas, terdapat 3 keluarga, yaitu keluarga Bapak CHARLIE, keluarga Bapak CACUK dan keluarga Bapak AWANG. Terlihat pada gambar, bahwa keluarga Bp. dan Ibu AWANG tidak buta warna. Akan tetapi, Ibu CHARLIE dan Ibu CACUK adalah wanita pembawa gen buta warna. Kedua ibu tersebut sangat mungkin tidak buta warna, tapi mereka berdua mewarisi buta warna dari ayah atau kakek mereka masing2.
Dalam keluarga Pak CHARLIE, Bu CHARLIE adalah pembawa buta warna, sedangkan Pak CHARLIE sendiri tidak buta warna. Mereka memiliki 3 anak, dua anak laki – laki dan satu anak perempuan. Peluangnya:

1. Anak perempuan pasti tidak buta warna

2. Anak laki-lakinya, pasti ada 1 yang buta warna karena Ibu-nya membawa gen buta warna. Satu lagi anak yang lain, peluang besar adalah normal.

Dalam keluarga Pak CACUK, Bu CACUK adalah pembawa buta warna, sedangkan Pak CACUK sendiri tidak buta warna. Mereka memiliki 3 anak, dua anak perempuan dan satu anak laki-laki. Tidak ada yang buta warna. Tetapi kedua anak perempuan Pak CACUK, pasti membawa gen buta warna dari Ibunya.

Dalam keluarga Pak AWANG, Keduanya normal. Jadi, anak2 mereka pasti tidak akan buta warna.

Putri sulung Pak CACUK menikahi putra bungsu Pak AWANG dan mereka memiliki seorang putra dan seorang putri. Anak mereka yang laki – laki, peluang besarnya pasti buta warna tetapi putri mereka tidak. Karena memang buta warna tidak pernah terjadi pada seorang wanita. Hanya saja, putri tersebut pasti membawa gen buta warna.

Sementara itu, putri bungsu keluarga Pak CACUK menikah dengan anak laki2 Pak CHARLIE yang memang buta warna. Dan putri Pak CACUK tidak buta warna tetapi membawa gen buta warna dari ibunya. Maka, anak2 mereka diyakini akan normal semua. Karena bertemunya seorang yang buta warna dengan wanita pembawa gen buta warna, akan menetralkan peluang buta warna pada anak2 mereka. Jadi peluang besar, anak2 mereka akan tumbuh normal.

Terakhir, putri bungsu Pak CHARLIE yang membawa gen buta warna dari ibunya, menikah dengan laki2 normal. Maka dipastikan, anak2 laki2 mereka pasti buta warna.

Sudah bisakah anda memahami konsep di atas…?

Atau andakah salah satu dari seseorang yang buta warna seperti di atas…?

Hubungi:

CV. Fitrah Cemerlang

0812.1646.239 / 0878.553.555.10 / Pin BB: 32DEF678

Insya Allah Kami Punya Solusi LOLOS TES BUTA WARNA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s