Meskipun CV. Fitrah Cemerlang memiliki kantor resmi di komplek ruko di Sidoarjo – Jawa Timur, tapi kami juga tetap memanfaatkan internet sebagai media jualan. Untuk itu, kami merasa perlu memberikan tips aman jual beli online untuk anda calon customer CV. Fitrah Cemerlang yang akan memesan barang pada kami secara online. Seperti telah mafhum diketahui oleh khalayak, kami CV. Fitrah Cemerlang bergerak di bidang penjualan alat – alat optical khususnya buku ishihara dan untuk terapi buta warna.

Tulisan ini kami buat agar calon customer CV. Fitrah Cemerlang benar2 merasa yakin dan merasa aman bertransaksi dengan kami. Berikut beberapa tips aman jual beli online yang bisa kami rangkum:

1. Pastikan pihak penjual/toko online tersebut adalah penjual yang dikenal terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus. Itu bisa dilihat dari foto bukti pengiriman yang ia lampirkan.

2. Pastikan anda membaca dan mengenali dengan detail produk yang ingin anda beli. Supaya anda tidak kecewa dengan produk atau jasa yang anda beli pastikan produk itu benar-benar sesuai dengan apa yang anda inginkan atau yang anda butuhkan.

3. Hitunglah juga biaya shipping (pengiriman) dari lokasi penjual dengan lokasi anda berada. Karena biaya pengiriman adalah murni tanggung-jawab pembeli, kecuali ada kesepakatan dengan penjual untuk free shipping/bebas ongkos kirim.

4. Jika anda menjumpai si penjual menyuruh anda agar menyegerakan transfer uang, jangan lupa catat atas nama siapa rekening itu. Dan di cabang mana rekening itu berada. Agar jika sewaktu – waktu terjadi penipun, keberadaan pemilik rekening mudah dilacak.

5. Gunakan rek-ber jika bisa. Rek-ber biasa berlaku di FJB KASKUS. Yaitu sebuah sistem pembayaran dimana pihak pembeli membayarkan kepada pihak ke-3 sesuai harga barang, kemudian pihak penjual mengirimkan barang kepada pembeli. Jika dapat konfirmasi dari pembeli bahwa barang sudah nyampe dengan selamat dan sesuai harapan, maka pihak ke-3 akan mengirimkan uang pembayaran kepada pihak penjual. Nah, pihak ke-3 inilah yang sering kita sebut pihak rek-ber.

6. Pastikan toko online tersebut memiliki alamat yang jelas sehingga mudah dilacak jika sewaktu – waktu terjadi penipuan. JANGAN MEMBELI BARANG DI TOKO YANG TIDAK MENCANTUMKAN ALAMAT LENGKAP MEREKA.

7. Jika anda sudah mengetahui alamat toko tsb, dan jika anda merasa dekat dengan lokai si penjual, maka mintalah COD / Copy of Darat / Cash on Delivery / ketemuan langsung. Bisa di rumah anda, atau di toko lokasi penjual itu berada. Bayarlah di sana.

8. Jika terpaksa harus via transfer bank, maka pastikan anda meminta nomor resi pengiriman jika barang telah dipaketkan/dikirimkan pihak penjual.

Demikian tips aman jual beli online yang bisa kami rangkum, semoga bermanfaat untuk calon customer CV. Fitrah Cemerlang. Amiiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s