Betapa pentingnya organ yang satu ini sehingga membuat mata tak akan pernah tergantikan fungsinya oleh organ manapun. Nah, tahukah anda makanan apa saja yang dapat menyehatkan mata? Jika anda belum mengetahui, maka sangat penting anda untuk menyimak pembahasan yang ditulis oleh tim kami.

Ada satu zat yang terkandung dalam makanan yang itu sangat dibutuhkan oleh mata. Zat itu adalah LUTEIN. Lutein merupakan antioksidan karotenoid yang berfungsi untuk menghindarkan mata dari katarak dan penurunan daya penglihatan mata. Lutein ini banyak ditemukan di dalam buah – buahan dan sayuran. Berikut daftar makanan yang mengandung zat lutein:

1. Alpukat

Siapa pernah menyangka ternyata buah alpukat memiliki kandungan lutein yang tinggi? Tidak pernah ada yang tau bukan? Ya, selain kandungan lutein tinggi, alpukat juga memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin E yang mumpuni, sehingga selain baik untuk mata, baik juga untuk kulit.

2. Wortel

Pasti setiap orang yang sakit mata akan mengenal buah ini. Ya, buah kesukaan kelinci ini sangat efektif untuk menghilangkan gangguan pada mata, disamping kandungan luteinnya tinggi, wortel juga memiliki kandungan beta carrotene yang sangat efektif untuk memulihkan syaraf mata yang lemah.

3. Brokoli

Sayuran yang seperti rambut gimbal ini selain mengandung lutein tinggi, juga mengandung kalsium yang memadai. Sehingga bagi anda yang rajin konsumsi brokoli tentu anda akan mendapatkan 2 manfaat. Yaitu kesehatan mata anda akan terjaga dan tulang anda akan kuat.

4. Telur

Selain lutein, telur juga mengandung zinc yang bisa dipake untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Tapi jangan terlalu banyak, dikhawatirkan anda akan kena kolesterol.

5. Tomat

Buah tomat nyata terlihat padanya kandungan lutein tinggi, karena secara kasat mata kulit buah tomat terlihat sangat merah. Hal ini menandakan bahwa kandungan lutein tomat sangat tinggi.

6. Pepaya

Ini adalah buah terenak yang paling digemari oleh orang yang sakit mata, kenapa? Tentu saja selain rasanya yang enak, buah ini memiliki kandungan lutein dan beta carrotene yang bersamaan dalam satu buah dengan kandungan yang sama tingginya. Sehingga akan sangat berperan untuk menyehatkan mata anda.

Semoga, sedikit info tentang makanan yang menyehatkan mata di atas, bisa menambah pengetahuan kita dan bisa kita konsumsi untuk memperbaiki kondisi mata, termasuk syaraf mata. Sehingga bisa lebih peka terhadap warna, dan diharapkan bisa lolos tes buta warna

CV. Fitrah Cemerlang

Comments
  1. Terimakasih atas infonya yang sangat bermanfat…
    Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti yang telah di informasikan di atas, tentu akan sangat membantu menjaga kesehatan mata kita. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, kesehatan mata juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi suplemen yang dapat menunjang kesehatan mata kita :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s