Manfaat Olah Raga untuk Kesehatan Mata

Posted: 17 September 2014 in TERAPI BUTA WARNA
Tags: , , ,

sportBerolahraga sangat banyak manfaatnya, yang pasti badan akan menjadi lebih sehat, bugar dan fisik menjadi tidak gampang sakit. Aneka macam olahraga juga bisa menjadi pilihan, bisa bulu tangkis, sepak bola, futsal, renang, lari, hingga bersepeda. Nah, olahraga – olahraga ringan ini ternyata juga memiliki manfaat yang lain. Berdasarkan penelitian terbaru, olahraga ringan di pagi hari juga bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan mata dan menjaganya agar selalu sehat.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, olahraga ringan atau lari kecil secara rutin dan berkesinambungan bisa menurunkan risiko terkena penyakit glaukoma. Para peneliti memeriksa 5.650 pria dan wanita berusia 48-90 tahun sebagai objek penelitian.

Dari hasil pemeriksaan, mereka menemukan responden yang rajin olahraga dalam 15 tahun terakhir, risiko mengalami low ocular perfusion pressure (OPP) –salah satu faktor penyebab glaukoma– berkurang hingga 25 persen.

“Sepertinya OPP banyak dipengaruhi oleh fitnes yang berhubungan dengan latihan kardiovaskular. Kami belum bisa berkomentar lebih banyak tentang penyebab pastinya, tapi jelas ada hubungannya antara gaya hidup tidak aktif dengan faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko glaukoma,” ujar Paul J. Foster, M.D. Ph.D, seperti dikutip dari Huffington Post.

Seperti dikutip dari detikhealth, glaukoma adalah gangguan penglihatan yang disebabkan saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat. Akibatnya bola mata akan membesar dan menekan syaraf mata yang berada di belakang bola mata. Pada akhirnya, syaraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga mati.

Ada dua jenis glaukoma yang umum yaitu sudut mata tertutup dan terbuka. Glaukoma bisa menyebabkan kebutaan dan umumnya terjadi pada pria dan wanita berusia 40 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi di usia lebih muda dari 40 tahun.

Selain glaukoma, Investigative Ophthalmology & Visual Science juga meneliti perbaikan syaraf mata bagi yang rajin berolahraga. Dan implikasinya nanti akan ada perbaikan penglihatan bagi seorang yang buta warna. Dan perbaikan tersebut ditaksir berkisar hingga 86% penglihatan. Sungguh luar biasa bukan?

Nah, mitra CV. Fitrah Cemerlang, segeralah lengkapi koleksi buku ishihara anda untuk terapi buta warna dan berolahragalah secara teratur di pagi hari untuk menyehatkan mata.

Pemesanan bisa di nomor telp. 0812.1646.239 / 0878.553.555.10

Sumber: wolipop

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s