Kabar Gembira Bagi Seorang Buta Warna, Cek Di Mari…

Posted: 17 March 2015 in BUTA WARNA
Tags:

buta-warnaLONDON, (PRLM).- Sebuah kabar yang menyenangkan baru saja dirilis dari Inggris. Sebuah perusahaan televisi terkemuka di sana, telah berhasil mengembangkan spektrum bayangan warna hijau dan merah yang sangat berpotensi membuat nyaman semua orang yang buta warna dalam menikmati setiap detik tayangan televisi.

Eyeteq, teknologi yang dikembangkan perusahaan Spectral Edge, mengubah warna frame demi frame dalam tayangan sehingga orang dengan mata normal pun tidak terganggu. Apalagi bagi orang buta warna, teknologi ibarat surga bagi mereka.

Direktur Pelaksana Spectral Edge, Christopher Cytera, mengatakan pasar untuk teknologi Eyeteq terbuka lebar.

“Pasarnya cukup besar mengingat 8% manusia di seluruh dunia mengalami buta warna—jumlah yang sangat besar. Lagipula, banyak upaya dilakukan di bidang suara dan teks, namun sejauh ini tiada upaya untuk buta warna,” kata Cytera.

Colour Blind Awareness, sebuah komunitas yang memperjuangkan pemenuhan kebutuhan orang-orang yang mengalami buta warna, menyambut baik teknologi Eyeteq. Sehingga ini merupakan sebuah kegembiraan tersendiri bagi mereka.

“Tanggapannya bagus. Ketika saya mencobanya untuk putra saya, dia memberikan angka 10 dalam skala 1-10. Ini benar-benar membuka matanya,” ujar pendiri Colour Blind Awareness, Kathryn Albany-Ward.

Teknologi bikinan Spectral Edge itu tidak serta-merta membuat kaum buta warna dapat membedakan warna. Namun, teknologi tersebut setidaknya dapat memudahkan mereka mengenali perbedaan.

Tatkala klub sepak bola Liverpool FC menghadapi klub Bulgaria, Ludogorets, misalnya. Kaum buta warna mengeluh karena tidak bisa membedakan pemain dari kedua tim mengingat Liverpool memakai kostum merah dan Ludogorets mengenakan kostum hijau.(bbc/A-147)***

Berita ini kami katip dari http://www.pikiran-rakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s