Ini Dia 4 Penyebab Sakit Mata Pada Bayi

Posted: 4 November 2015 in PENYAKIT MATA
Tags: ,

penyebab-sakit-mata-pada-bayiUsia bayi atau kisaran 0 hingga 2 tahun merupakan masa tumbuh manusia, dimana pada tahap ini manusia benar – benar sangat rawan dan rapuh pada setiap ancaman penyakit. Ketika masih bayi, sistem kekebalan ketahanan tubuh manusia jelaslah belum matang, sehingga virus dan bakteri akan sangat mudah masuk dan menyergap sistem imun tubuh bayi. Salah satu organ bayi yang mudah sekali diserang bakteri atau virus adalah mata.

Mata merupakan salah satu di antara 5 organ penting yang merupakan indera kita. Mata merupakan satu-satunya alat tubuh yang membuat manusia bisa melihat secara nyata. Selain sangat urgent, organ mata juga termasuk dalam jenis organ yang begitu sensitif. Jika ada gangguan sedikit saja maka bisa berakibat fatal. Untuk itu maka, bagi orangtua yang punya bayi, sebisa mungkin jauhkan bayi anda dari hal yang bisa mengancam kesehatan matanya, seperti jauhkan si kecil dari benda – benda yang berdebu dan cegah tangannya dari kontak langsung kematanya. Hal ini penting anda lakukan, karena kebanyakan bayi seringkali menggunakan tangannya untuk menyentuh hal apapun yang bisa disentuhnya tanpa ia sadar bahwa benda yang disentuhnya berbahaya.

Virus dan bakteri yang ada di tangannya akan sangat mudah masuk ke mata. Ketika mereka merasakan sesuatu terjadi dengan matanya, maka mereka akan merasa gatal atau perih. Biasanya sih dengan spontan bayi akan mengucek matanya. Jika hal ini terjadi maka penyebaran virus dan bakteri akan semakin mudah menyebar yang berkibat pada munculnya sakit mata pada bayi. Sakit mata pada bayi biasanya disebabkan oleh kebiasaanya yang sering menguek-ngucek mata setelah meyentuh benda asing disekitarnya yang mengandung bakteri.

4 Penyebab Sakit Mata Pada Bayi

Berkut adalah beberapa hal yang dapat memicu timbulnya sakit mata pada bayi :

  1. Mata bayi yang terkontaminasi bakteri dan virus, akibat kebiasaannya sering menyentuh daerah sekitar mata setelah berinteraksi dan menyentuh benda yang ada disekelilingnya yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman.
  2. Bakteri dan virus dari debu jalanan yang merasuk ke dalam matanya.
  3. Paparan radiasi alat elektronik yang berlebihan.
  4. Vitamin A yang sangat minim diberikan oleh Ibunya.

Itulah 4 hal yang bisa memicu terjadinya sakit mata pada bayi. Pada umumnya bayi masih belum bisa memahami dan menyadari jika terjadi gangguan pada matanya, selain itu bayi masih tidak bisa menjaga kesehatan matanya sendiri. Untuk itu, kecekatan dan pengawasan orangtua amat diperlukan, untuk mencegah dan mengatasi sakit mata yang mungkin timbul pada bayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s